Sabtu, 25 April 2015

Definisi Metode, Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

DEFINISI METODE, MODEL PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

ROTHWELL dan KAZANAS = Metode adalah cara, pendekatan, atau proses untuk menyampaikan informasi
TITUS = Metode adalah rangkaian cara dan langkah yang tertib dan terpola untuk menegaskan bidang keilmuan.
MACQUARIE = Metode adalah suatu cara melakukan sesuatu, terutama yang berkenaan dengan rencana tertentu
WIRADI = Metode adalah seperangkat langkah (apa yang harus dikerjakan) yang tersusun secara sistematis (urutannya logis)
DRS. AGUS Meter. HARDJANA = Metode adalah cara yang sudah dipikirkan masak-masak dan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai


Definisi Model Pembelajaran Menurut Para ahli

* Joyce dan Weil (1980). Model pembelajaran yang merupakan kerangka konseptual yg dimanfaatkan juga sebagai arahan dalam lakukan pembelajaran
* Soekamto, dkk.(dalam Nurulwati, 2000). Model pembelajaran yakni kerangka konseptual yg melukiskan prosedur yg sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman menuntut ilmu buat mencapai maksud mempelajari tertentu, & berfungsi juga sebagai arahan bagi para perancang pembelajaran & para pengajar dalam merencanakan gerakan mempelajari mengajar.
Kamus Agung Bahasa Indonesia (2005 : 751). Model diartikan juga sebagai pola (sample,acuan, ragam, dan seterusnya) dari sesuatu yg bakal dibuat atau dihasilkan.
* Agus Suprijono- Pola yg dimanfaatkan juga sebagai tutorial dalam merencanakan pembelajaran di kelas ataupun anjuran.
* Mills - Model yakni wujud representasi akurat sbg proses actual yg mengizinkan satu orang atau sekelompok orang coba bertindak berdasarkan model itu.
Menurut Nana Sudjana (2005 : 76) - metode pembelajaran merupakan, “Metode pembelajaran adalah trick yg dipergunakan guru dalam mengadakan interaksi dgn peserta didik kepada disaat berlangsungnya pengajaran”.
Sedangkan Meter. Sobri Sutikno (2009 : 88) menyebut, “Metode pembelajaran merupakan cara-cara menyajikan materi pelajaran yg dilakukan oleh pendidik supaya berjalan proses pembelajaran terhadap diri peserta didik dalam upaya utk mencapai tujuan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar