Jumat, 08 Mei 2015

Ragam Metode Pembelajaran

Macam-Macam Metode Pembelajaran - Terhadap dasarnya guru ialah satu orang pendidik. Pendidik ialah orang dewasa bersama segala kekuatan yg dimilikinya utk bisa mengubah psikis & pola pikir anak didiknya dari tak tahu jadi tahu pula mendewasakan anak didiknya. Salah satu aspek yg mesti dilakukan oleh guru merupakan dgn mengajar di kelas. Salah satu yg paling mutlak yaitu performance dan wibawa guru di kelas. Dengan Cara Apa seorang guru bisa menguasai kondisi kelas maka tercipta suasana menggali ilmu yg menyenangkan. Dgn begitu guru mesti mengaplikasikan metode pembelajaran yg pas bersama karakteristik peserta didiknya.

Ragam Metode Pembelajaran

Setiap kelas dapat barangkali memakai metode pembelajaran yg berlainan bersama kelas lain. Buat itu seorang guru mesti sanggup mengaplikasikan bermacam metode pembelajaran. Disini aku bakal menuturkan sekian banyak metode pembelajaran menurut Ns. Roymond H. Simamora, Meter.Kep yg bakal kita difungsikan.
Macam-Macam Metode pembelajaran :

Baca juga: Macam-macam Metode Pembelajaran di Sekolah dan Luar Sekolah

1. Metode Ceramah

Metode pembelajaran ceramah yakni penerangan dengan cara lisan atas bahan pembelajaran terhadap sekelompok pendengar buat mencapai maksud pembelajaran tertentu dalam jumlah yg relatif akbar. Seperti ditunjukkan oleh Mc Leish (1976), lewat ceramah, akan diraih sekian banyak maksud. Dgn metode ceramah, guru sanggup mendorong timbulnya memberi inspirasi bagi pendengarnya.
Gage & Berliner (1981 : 457), menyebut metode ceramah sesuai utk difungsikan dalam pembelajaran dgn ciri-ciri tertentu. Ceramah serasi utk penyampaian bahan mempelajari yg berupa berita & kalau bahan mencari ilmu tersebut sukar didapatkan.

2. Metode Diskusi

Metode pembelajaran diskusi merupakan proses pelibatan dua orang peserta atau lebih buat berinteraksi saling bertukar opini, & atau saling mempertahankan pernyataan dalam pemecahan masalah maka didapatkan kesepakatan diantara mereka. Pembelajaran yg memanfaatkan metode diskusi yakni pembelajaran yg bersifat interaktif (Gagne dan Briggs. 1979 : 251).

Menurut Mc. Keachie-Kulik dari hasil penelitiannya, dibanding metode ceramah, metode diskusi mampu meningkatkan anak dalam pemahaman rencana & keterampilan memecahkan masalah. Namun dalam transformasi wawasan, pemakaian metode diskusi akhirnya lambat dibanding pemakaian ceramah. Maka metode ceramah lebih efektif buat meningkatkan kuantitas wawasan anak dari kepada metode diskusi.

3. Metode Demonstrasi

Metode pembelajaran demontrasi yaitu metode pembelajaran yg teramat efektif utk mempermudah peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti : Bagaimanakah trik mengaturnya? Dengan Cara Apa proses bekerjanya? Dengan Cara Apa proses mengerjakannya. Demonstrasi yang merupakan metode pembelajaran ialah bilamana seseorang guru atau seseorang demonstrator (orang luar yg sengaja diminta) atau seseorang peserta didik memperlihatkan pada seluruhnya kelas sesuatau proses. Contohnya bekerjanya sebuah media pencuci automatic, kiat menciptakan kue, & sebagainya.

Kelebihan Metode Demonstrasi :

a. Perhatian peserta didik akan lebih dipusatkan.
b. Proses menggali ilmu peserta didik lebih terarah terhadap materi yg sedang dipelajari.
c. Pengalaman & kesan juga sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri peserta didik.

Kelemahan metode Demonstrasi :

a. Peserta Didik kadang dikala sukar menyaksikan bersama terang benda yg diperagakan.
b. Tak seluruh benda sanggup didemonstrasikan.
c. Sukar dimengerti apabila didemonstrasikan oleh pengajar yg kurang menguasai apa yg didemonstrasikan.

macam-macam metode pembelajaran
Macam-Macam Metode pembelajaran

4. Metode Ceramah Plus

Metode Pembelajaran Ceramah Plus merupakan metode pengajaran yg memanfaatkan lebih dari satu metode, merupakan metode ceramah yg dikombinasikan dgn metode yang lain. Ada tiga macam metode ceramah plus, diantaranya ialah :
a. Metode ceramah plus bertanya jawab & pekerjaan
b. Metode ceramah plus diskusi & pekerjaan
c. Metode ceramah plus demonstrasi & latihan (CPDL)

5. Metode Resitasi

Metode Pembelajaran Resitasi merupakan sebuah metode pengajaran bersama mengharuskan peserta didik menciptakan resume bersama kalimat sendiri.

Kelebihan Metode Resitasi merupakan :
a. Wawasan yg diperoleh siswa dari hasil menggali ilmu sendiri bakal bakal diingat lebih lama.
b. Peserta didik mempunyai kesempatan buat meningkatkan keberanian, inisiatif, bertanggung jawab & mandiri.
Kelemahan Metode Resitasi yaitu :
a. Kadang disaat peserta didik jalankan penipuan yaitu siswa cuma meniru hasil tugas orang lain tidak dengan ingin bersusah payah mengerjakan sendiri.
b. Kadang ketika pekerjaan dikerjakan oleh orang lain tidak dengan pengawasan.
c. Sukar memberikan pekerjaan yg memenuhi perbedaan individual.

6. Metode Eksperimental

Metode pembelajaran eksperimental merupakan satu buah kiat pengelolaan pembelajaran di mana peserta didik jalankan kegiatan percobaan dgn mengalami & membuktikan sendiri satu buah yg dipelajarinya. Dalam metode ini peserta didik dikasih peluang utk mengalami sendiri atau lakukan sendiri bersama mengikuti satu buah proses, mengamati satu buah obyek, menganalisis, membuktikan & menarik ringkasan sendiri berkenaan obyek yg dipelajarinya.

7. Metode Study Tour (Karya wisata)
Metode study tour Study tour (karya wisata) merupakan metode mengajar bersama menggandeng siswa mengunjungi sebuah objek guna menambah area wawasan & setelah itu siswa menciptakan laporan & mendiskusikan juga membukukan hasil kunjungan tersebut bersama didampingi oleh pendidik.

8. Metode Latihan Keterampilan

Metode latihan keterampilan (drill method) yaitu sebuah metode mengajar bersama memberikan pelatihan keterampilan dengan cara berulang terhadap peserta didik, & mengajaknya serentak ketempat latihan keterampilan utk menyaksikan proses maksud, fungsi, kegunaan & manfaat sesuatu (misal : menciptakan tas dari mute). Metode latihan keterampilan ini bertujuan mencetak adat atau pola yg automatis kepada peserta didik.

9. Metode Pengajaran Beregu

Metode pembelajaran beregu merupakan satu buah metode mengajar di mana pendidiknya lebih dari seseorang yg masing-masing memiliki pekerjaan.Rata-rata salah seseorang pendidik ditunjuk juga sebagai kordinator. Kiat pengujiannya,tiap-tiap pendidik menciptakan soal, selanjutnya digabung. Apabila ujian lisan sehingga setiapsiswa yg diuji mesti serentak berhadapan bersama team pendidik tersebut

10. Peer Theaching Method

Metode Peer Theaching sama serta bersama mengajar sesama kawan, merupakan sebuah metode mengajar yg dibantu oleh temannya sendiri.

11. Metode Pemecahan Masalah (problem solving method)

Metode problem solving (metode pemecahan masalah) bukan hanyasekadar metode mengajar, tapi pun yakni satu buah metode berpikir, sebabdalam problem solving bisa memakai metode-metode yang lain yg dimulaidengan mencari data hingga kepada menarik rangkuman.
Metode problem solving yakni metode yg merangsang berfikir danmenggunakan pengetahuan tidak dengan menonton mutu opini yg diungkapkan olehsiswa. Satu Orang guru mesti pandai-pandai merangsang siswanya buat mencobamengeluarkan opininya.

12. Project Method

Project Method yaitu metode perancangan yaitu satu buah metode mengajar bersama meminta siswa membuat desain satu buah proyek yg bakal diteliti yang merupakan obyek kajian.

13. Taileren Method

Teileren Method ialah sebuah metode mengajar dgn memakai sebagian-sebagian,contohnya ayat per ayat seterusnya disambung lagi bersama ayat yang lain yg tentusaja mengenai bersama masalahnya

14. Metode Global (ganze method)
Metode Global adalah satu buah metode mengajar di mana peserta didik disuruh membaca total materi, seterusnya peserta didik meresume apa yg bakal mereka serap atau ambil intisaridari materi tersebut.

Read more : METODE PEMBELAJARAN >> Macam-Macam Metode Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar